Buttercream

Mengenali jenis-jenis buttercream untuk hiasan cake, filling dan frosting.

Basic buttercream atau biasa dipanggil soft buttercream adalah jenis cream yg berbahan dasar mentega (bisa dari mentega tawar atau mentega asin) yang dikombinasikan dengan susu & gula halus. Jenis cream ini cocok untuk hiasan cake karna konsistansinya bisa dikontrol.

French buttercream, terbuat dari kuning telor, mentega & gula halus.
Rasanya lebih lembut dari basic buttercream dan warnanya agak kekuningan. Jenis cream ini bisa dijadikan filling, frosting atau hiasan.

Swiss meringue, terbuat dari putih telor, gula dan mentega. Cream ini lebih ringan teksturnya berbanding dengan french buttercream.
Dikarnakan kuantiti putih telor yang agak banyak dan penggunaan teknik bain marie pembuatnya harus sedikit berhati-hati pada pengontrolan suhu. Jika suhu terlalu panas maka mentega akan meleleh, tetapi jika suhu terlalu dingin maka mentega tidak akan menyatu secara sempurna dengan maringue dan hasilnya akan kasar. Cream ini bisa dibuat filling, frosting atau hiasan.

American buttercream, cream ini terbuat dari campuran heavy cream, mentega dan gula. Rasanya ringan dan tidak terlalu manis. Cream ini lebih cocok untuk frosting cupcake atau filling  cake.

German buttercream, terbuat dari susu cair, tepung jagung, kuning telor, gula dan mentega. Teksturnya menyerupai french buttercream tetapi rasanya hampir sama dengan creme au beurre. Cuma perbedaanya jika creme au beurre menggunakan creme patissiere sebagai bahan dasarnya. Jenis cream ini cocok untuk frosting.

Ermine buttercream atau lebih dikenali sebagai cookflour, terbuat dari tepung terigu, susu, gula dan mentega. Cream ini mempunyai kadar kemanisan yang sedikit berbanding dengan jenis buttercream yang lain. Cocok untuk frosting, filling dan hiasan.

Italian meringue, terbuat dari air, gula pasir, putih telor dan mentega. Cream ini mempunyai rasa yang sama dengan swiss maringue tetapi teksturnya lebih ringan dari swiss maringue. Proses pembuatannya fokus pada pengontrolan suhu sirup gulanya. Jika terlalu panas maringe akan pecah, dan jika terlalu dingin cream akan cepat meleleh. Gunakan candy termometer untuk mengatur suhu sirup. Pastikan saat mencampurkan sirup kedalam adonan maringue suhunya tidak kurang dari 238c dan tidak lebih dari 240c (berhati-hati karna sirup panas dan bisa mencederakan tangan).

Comments

Popular posts from this blog

Ikan Lele sambal balado

Mee Siam